Jumat, 04 Januari 2013

Sejarah Negara Bagian Oregon

Manusia telah menghuni wilayah yang sekarang Oregon untuk setidaknya 15.000 tahun. Dalam catatan sejarah, menyebutkan dari tanggal lahan pada awal abad ke-16. Selama abad 18 dan 19, kekuatan Eropa - dan kemudian Amerika Serikat - bertengkar atas kepemilikan wilayah sampai 1846 ketika AS dan Inggris menyelesaikan pembagian wilayah. Oregon menjadi negara pada tahun 1859 dan sekarang rumah bagi lebih dari 3,8 juta penduduk.

Tempat tinggal manusia dari Pacific Northwest mulai setidaknya 15.000 tahun yang lalu, dengan bukti tertua dari tempat tinggal di Oregon ditemukan di Fort Rock Cave dan Gua Paisley di Lake County. Arkeolog Luther Cressman tanggal bahan dari Fort Rock sampai 13.200 tahun yang lalu. Pada 8000 SM ada permukiman di seluruh negara bagian, dengan populasi terkonsentrasi di sepanjang Sungai Columbia lebih rendah, di lembah barat, dan di sekitar muara pesisir.

Pada abad ke-16, Oregon adalah rumah bagi banyak kelompok penduduk asli Amerika, termasuk Coquille (Ko-Kwell), Bannock, Chasta, Chinook, Kalapuya, Klamath, Molalla, Nez Perce, Takelma, dan Umpqua.

Orang-orang Eropa pertama yang mengunjungi Oregon adalah penjelajah Spanyol yang dipimpin oleh Juan Rodríguez Cabrillo yang terlihat selatan Oregon lepas pantai Pasifik pada tahun 1543. Pada tahun 1592, Juan de Fuca melakukan pemetaan rinci dan studi arus laut. Berhenti di sepanjang perjalanan ini termasuk Oregon serta selat sekarang bantalan namanya dan emplacement masa depan Vancouver. Eksplorasi direbut kembali secara rutin pada tahun 1774, dimulai dengan ekspedisi fregat Santiago oleh Juan José Pérez Hernández (lihat ekspedisi Spanyol ke Pacific Northwest), dan pantai Oregon menjadi rute perdagangan yang berharga ke Asia. Pada 1778, British Kapten James Cook juga dieksplorasi pantai. Perancis Kanada dan penjerat Metis dan misionaris tiba di bagian timur negara di akhir abad 18 dan awal abad 19, banyak setelah bepergian sebagai anggota Lewis dan Clark dan 1811 Astor ekspedisi.

Beberapa tinggal permanen, termasuk Étienne Lussier, diyakini petani Eropa pertama di negara bagian Oregon. Bukti ini kehadiran Perancis Kanada dapat ditemukan dalam berbagai nama asal Perancis di bagian negara: Charbonneau, Malheur Danau dan Sungai, Grande Ronde dan Chutes Des Rivers, kota La Grande, Ontario, dll

Lewis dan Clark Ekspedisi perjalanan melalui wilayah tersebut juga untuk mencari Northwest Passage. Mereka membangun benteng musim dingin mereka di 1805-1806 di Fort Clatsop, dekat muara Sungai Columbia. Penjelajah Inggris David Thompson juga dilakukan eksplorasi darat.

Pada 1811, David Thompson, Perusahaan North West, menjadi orang Eropa pertama untuk menavigasi Sungai Columbia keseluruhan. Berhenti di jalan, di persimpangan Sungai Ular, ia diposting klaim ke wilayah tersebut untuk Inggris dan Utara Perusahaan Barat. Setelah kembali ke Montreal, ia mempublikasikan kelimpahan bulu-bantalan hewan di daerah tersebut.

Juga pada tahun 1811, New Yorker John Jacob Astor membiayai pembentukan Fort Astoria di mulut Sungai Columbia sebagai pos barat untuk Perusahaan Fur nya Pacific, ini adalah pemukiman Eropa pertama permanen di Oregon.

Dalam Perang 1812, Inggris menguasai semua posting Perusahaan Fur Pacific. Perjanjian 1.818 mendirikan hunian Inggris dan Amerika bersama barat wilayah Pegunungan Rocky ke Samudera Pasifik. Oleh Perusahaan, 1820-an dan 1830-an Teluk Hudson mendominasi Pacific Northwest dari markas District Columbia nya di Fort Vancouver (dibangun pada tahun 1825 oleh Kepala Faktor Yohanes Distrik McLoughlin melintasi Columbia dari sekarang-hari Portland).

Pada tahun 1841, penjebak pakar dan pengusaha muda Ewing mati meninggalkan kekayaan yang cukup dan tidak ada pewaris, dan sistem tidak ada wasiat kekayaannya. Pertemuan diikuti pemakaman Young di mana pemerintah wasiat diusulkan. Dokter Ira Babcock Jason Lee Methodist Mission terpilih Hakim Agung. Babcock diketuai dua pertemuan pada tahun 1842 di Champoeg, (setengah jalan antara Lee misi dan Oregon City), untuk membahas serigala dan hewan lain yang menjadi perhatian kontemporer. Pertemuan-pertemuan tersebut prekursor ke pertemuan warga all-in 1843, yang melembagakan pemerintahan sementara yang dipimpin oleh komite eksekutif terdiri dari David Hill, Alanson Beers, dan Joseph Gale. Pemerintah ini adalah pemerintah publik pertama akting dari Negara Oregon sebelum aneksasi oleh pemerintah Amerika Serikat.

Juga pada tahun 1841, Sir George Simpson, Gubernur Perusahaan Teluk Hudson, dibalik lama kebijakan Perusahaan Bay Hudson tentang penyelesaian mengecilkan karena mengganggu perdagangan bulu menguntungkan. Dia mengarahkan bahwa sekitar 200 pemukim Red River Colony dipindahkan ke peternakan HBC dekat Fort Vancouver, (James Sinclair ekspedisi), dalam upaya untuk menahan Columbia District.

Mulai tahun 1842-1843, Oregon Trail membawa pemukim banyak Amerika yang baru untuk Negara Oregon. Untuk beberapa waktu, tampaknya bahwa Inggris dan Amerika Serikat akan pergi berperang untuk ketiga kalinya dalam 75 tahun (lihat sengketa batas Oregon), tetapi perbatasan didefinisikan damai pada tahun 1846 oleh Perjanjian Oregon. Perbatasan antara Amerika Serikat dan Inggris Amerika Utara didirikan di paralel ke-49. Wilayah Oregon secara resmi diselenggarakan pada tahun 1848.

Penyelesaian meningkat dengan UU Donasi Tanah Klaim dari 1850 dan relokasi paksa penduduk asli untuk pemesanan India di Oregon.

Oregon dibawa ke Uni pada tanggal 14 Februari 1859. Didirikan sebagai perlindungan dari sengketa atas perbudakan, Oregon memiliki "kulit putih hanya" klausul dalam Konstitusi negara asalnya.

Pada pecahnya Perang Saudara Amerika, rutin pasukan AS ditarik dan dikirim timur. Relawan kavaleri direkrut di California dikirim utara ke Oregon untuk menjaga perdamaian dan melindungi rakyat. The Oregon Pertama Kavaleri menjabat sampai Juni 1865.

Pada tahun 1880-an, pertumbuhan pasar kayu rel kereta api membantu negara, gandum, dan pertumbuhan yang cepat dari kota-kotanya.

Pada tahun 1902, Oregon memperkenalkan legislasi langsung oleh warga negara melalui inisiatif dan referendum, yang dikenal sebagai Sistem Oregon. Oregon state suara sering termasuk proposal politik konservatif side-by-side dengan yang liberal secara politik, menggambarkan keragaman pemikiran politik di negara bagian.

Perluasan industri dimulai dengan sungguh-sungguh mengikuti pembangunan 1933-1937 dari Bendungan Bonneville di Sungai Columbia. Pembangkit listrik tenaga air, makanan, dan kayu yang disediakan oleh Oregon membantu bahan bakar perkembangan Barat, meskipun fluktuasi periodik dalam industri bangunan AS telah melukai perekonomian negara pada beberapa kesempatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar