Jumat, 04 Januari 2013

Negara Bagian Oregon

Oregon adalah sebuah negara di wilayah Pacific Northwest Amerika Serikat. Hal ini terletak di pantai Pasifik, dengan Washington ke utara, ke selatan California, Nevada di sebelah tenggara dan Idaho ke timur. Sungai-sungai Columbia dan Snake menggambarkan banyak batas Oregon utara dan timur, masing-masing. Daerah ini dihuni oleh suku-suku asli banyak sebelum kedatangan pedagang, penjelajah, dan pemukim yang membentuk pemerintahan otonom dalam Negara Oregon pada 1843. Wilayah Oregon diciptakan pada tahun 1848, dan Oregon menjadi negara ke-33 pada tanggal 14 Februari 1859.

Oregon adalah yang paling luas dan 9 yang paling padat penduduknya di 27 dari 50 Amerika Serikat. Salem adalah ibukota negara dan ketiga yang paling padat penduduknya di-kota; Portland adalah yang paling padat penduduknya. Portland adalah 29-terbesar kota AS, dengan populasi 593.820 (2011 perkiraan) dan populasi metro dari 2.262.605 (2011 perkiraan), yang 23-terbesar AS metro area. Lembah Sungai Willamette di Oregon Barat adalah wilayah yang paling padat penduduknya negara dan merupakan rumah bagi delapan dari sepuluh kota terpadat.

Oregon berisi lanskap yang beragam termasuk keanginan Pacific pantai, gunung berapi dari Cascade Range kasar dan glaciated gunung, banyak air terjun (termasuk Multnomah Falls), hutan hijau lebat, hutan campuran dan hutan gugur di ketinggian rendah, dan gurun tinggi di banyak Bagian timur negara, memperluas ke Great Basin. The Douglas cemara tinggi dan redwood sepanjang kontras Oregon hujan Barat pantai dengan kepadatan rendah dan api rawan pohon pinus dan hutan juniper meliputi bagian dari bagian timur negara. Pohon alder yang umum di barat dan memperbaiki nitrogen untuk runjung, kebun aspen yang umum di timur Oregon. Peregangan timur dari Central Oregon, negara juga termasuk semi-kering shrublands, padang rumput, padang pasir, padang rumput, dan padang rumput. Gunung Hood adalah titik tertinggi di negara bagian pada 11.249 kaki (3.429 m). Crater Lake National Park adalah taman nasional hanya di Oregon.

Penggunaan awal dikenal dari nama, dieja Ouragon, berada di sebuah petisi 1765 oleh Robert Rogers Mayor Kerajaan Inggris. Istilah dirujuk ke sungai maka-mitos Barat (Sungai Columbia). . Oleh 1.778 ejaan telah bergeser ke Oregon Pada tahun 1765 permohonannya, Rogers menulis:

    "Kekalahan ini [sic] ... adalah dari Great Lakes terhadap Kepala Mississippi, dan dari situ ke Sungai disebut oleh Ouragon Indian ..."

Satu teori adalah nama yang berasal dari kata ouragan Perancis ("badai"), yang diaplikasikan ke Sungai Barat berdasarkan cerita asli Amerika angin Chinook yang kuat dari Sungai Columbia lebih rendah, atau mungkin dari Perancis langsung pengalaman dengan angin chinook dari Great Plains. Pada saat itu, Sungai Barat diperkirakan meningkat di barat Minnesota dan aliran barat melalui Great Plains.

Joaquin Miller menjelaskan di Sunset (majalah) pada tahun 1904 bagaimana nama Oregon berasal:

    "Nama, Oregon, yang dibulatkan ke bawah fonetis, dari Aure il agua-Oragua, Atau-a-gon, Oregon-diberikan mungkin oleh navigator Portugis yang sama yang bernama Farallones setelah perwira pertama, dan secara harfiah, dalam cara yang besar , berarti cascades: '. Mendengar air' Anda harus steam up Columbia dan mendengar dan merasakan air jatuh dari awan Gunung Hood untuk memahami sepenuhnya arti penuh dari nama Aure il agua, Oregon. "

Account, disahkan sebagai "penjelasan paling masuk akal" dalam buku Oregon Nama Geografis, diajukan oleh George R. Stewart dalam sebuah artikel 1944 di Pidato Amerika. Menurut Stewart, nama berasal dari kesalahan pengukir dalam peta Prancis yang diterbitkan dalam awal abad 18, di mana Ouisiconsink (Wisconsin) Sungai dieja "Ouaricon-sint," patah di dua jalur dengan sint-bawah, jadi ada tampaknya sebuah sungai yang mengalir ke barat bernama "Ouaricon."

Menurut Oregon Pariwisata Komisi (juga dikenal sebagai Travel Oregon), kini Oregonians mengucapkan nama negara sebagai "ATAU-GUN UH-, tidak pernah OR-EE-Gone."

Setelah disusun oleh Lions Detroit pada tahun 2002, mantan gelandang Joey Oregon Ducks Harrington didistribusikan "ORYGUN" stiker untuk anggota media sebagai pengingat bagaimana mengucapkan nama negara bagian asalnya. Stiker yang dijual oleh University of Oregon Bookstore, yang kredit ejaan sebagai lelucon yang dimaksudkan "untuk para penggemar Oregonians dan Oregon di mana-mana yang mendapatkan tendangan keluar dari salah ucapan lucu dari negara kita."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar