Jumat, 04 Januari 2013

Kondisi Geografis Oregon

Geografi Oregon dapat dibagi secara kasar menjadi delapan wilayah:

    Oregon Coast-barat Pegunungan Coast
    Willamette Valley
    Rogue Valley
    Cascade Mountains
    Klamath Pegunungan
    Columbia River Plateau
    Oregon Outback
    Blue Mountains (ekoregion)

Daerah pegunungan barat Oregon, rumah bagi tiga puncak gunung yang paling menonjol dari Amerika Serikat termasuk Gunung Hood, yang dibentuk oleh aktivitas vulkanik dari Juan de Fuca Plate, piring tektonik yang menimbulkan ancaman lanjutan dari aktivitas gunung berapi dan gempa bumi di wilayah tersebut. Kegiatan utama terbaru adalah 1700 Cascadia gempa. (Washington Gunung St Helens meletus pada tahun 1980, sebuah peristiwa yang terlihat dari Oregon.)

Sungai Columbia, yang membentuk banyak perbatasan utara Oregon, juga memainkan peran utama dalam evolusi geologi di wilayah ini, serta pengembangan ekonomi dan budaya. Columbia merupakan salah satu sungai terbesar di Amerika Utara, dan salah satu dari dua sungai untuk memotong melalui Cascades (Sungai Klamath di Southern Oregon adalah lainnya). Sekitar 15.000 tahun yang lalu, Columbia berulang kali banjir banyak Oregon selama Banjir Missoula, kesuburan modern Willamette Valley sebagian besar merupakan akibat dari banjir tersebut. Salmon berlimpah membuat bagian-bagian dari sungai, seperti Celilo Falls, hub kegiatan ekonomi selama ribuan tahun. Pada abad ke-20, bendungan hidroelektrik banyak dibangun di sepanjang Columbia, dengan dampak besar pada salmon, transportasi dan perdagangan, tenaga listrik, dan pengendalian banjir.

Hari ini, lanskap Oregon bervariasi dari hutan hujan di Range Coast gurun tandus di sebelah tenggara, yang masih memenuhi definisi teknis perbatasan a.

Oregon adalah 295 mil (475 km) utara ke selatan pada jarak terpanjang, dan 395 mil (636 km) timur ke barat pada jarak terpanjang. Di daerah tanah dan air, Oregon adalah negara terbesar kesembilan, meliputi 98.381 mil persegi (254.810 km2). Titik tertinggi di Oregon adalah puncak Gunung Hood, di 11.239 kaki (3.426 m), dan titik terendah adalah permukaan laut di Samudera Pasifik sepanjang pantai Oregon. elevasi Artinya adalah 3.300 kaki (1.006 m). Crater Lake National Park hanya taman nasional negara dan tempat Crater Lake, danau terdalam di Amerika Serikat pada 1.943 kaki (592 m). Oregon mengklaim Sungai D adalah sungai terpendek di dunia, meskipun negara Amerika Montana membuat klaim yang sama dari Sungai Roe nya.

Oregon juga rumah bagi Mill Ends Park (di Portland), taman terkecil di dunia pada 452 inci persegi (0,29 m2). Pusat geografis Oregon adalah jauh ke barat daripada salah satu dari 48 negara lainnya bersebelahan (meskipun titik paling barat dari 48 negara lebih rendah berada di Washington). Antipoda nya, diametris berlawanan pusat geografis pada permukaan bumi, berada pada 44 ° S 59,5 ° E di barat laut Samudra Hindia dari Port-aux-Français di Selatan Perancis dan Lands Antartika. Oregon terletak pada dua zona waktu. Sebagian besar Malheur County adalah di Zona Mountain Time sedangkan sisanya dari negara terletak pada Zona Waktu Pasifik.

Oregon adalah rumah bagi apa yang dianggap sebagai organisme tunggal terbesar di dunia, Armillaria suatu solidipes jamur di bawah Malheur National Forest timur Oregon.

Populasi Oregon sebagian besar terkonsentrasi di Lembah Willamette, yang membentang dari Eugene di selatan (rumah dari University of Oregon) melalui Corvallis (rumah Oregon State University) dan Salem (ibukota) ke Portland (kota Oregon terbesar).

Astoria, di mulut Sungai Columbia, adalah permanen pertama berbahasa Inggris penyelesaian barat Rockies di tempat yang sekarang Amerika Serikat. Oregon City, pada akhir Trail Oregon, pertama kota Wilayah Oregon dimasukkan, dan modal pertama dari tahun 1848 sampai 1852, ketika ibukota dipindahkan ke Salem. Bend, dekat pusat geografis negara, merupakan salah satu dari sepuluh pertumbuhan tercepat daerah metropolitan di Amerika Serikat. Di bagian selatan negara, Medford adalah wilayah metro berkembang pesat, yang merupakan rumah bagi The Rogue. Valley International-Medford Airport, bandara tersibuk ketiga di negara bagian. Di sebelah selatan, dekat perbatasan California-Oregon, adalah komunitas Ashland, rumah Award-pemenang Tony Oregon Shakespeare Festival.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar